Google

Tuesday, March 17, 2009

JAWA TENGAH TANAH LOHJINAWI

" SERI KENALLAH TANAH AIRMU"
Boentaran

Buku yang bertajuk Jawa Tengah Tanah Lohjinawi ini, membentangkan profil Jawa Tengah, dengan gaya penyajian cerita. Kemasan cerita dipilih dengan harapan agar khalayak baca akan terpaku. Buku ini diterbitkan oleh penerbit "Canaco" N.V Bandung-Jakarta.
Yang diceriterakan buku ini, antara lain:
  1. Mengenai hidup dalam kancah
  2. Bengawan solo
  3. Sekaten
  4. Memetik Sarang burung
  5. Meninggalkan kampung halaman
  6. Gula dan Banjir
  7. Menuntut ilmu,


Semua artikel di atas merupakan kemasan, yang di dalamnya menjelaska renik-renik Jawa Tengah. Misal pada bahasan "Hidup dalam Kancah", renik-renik Jawa Tengah terungkap, mulai dari keadaan tanah, pegunungan, dan perilaku penduduk, tergambarkan.
TELUSUR:
Tanggal terbit Juli 1958, dan pernah naik cetak dua kali. Pemilik buku ini adalah Rustan Effendy, dan terdapat tanda tangan dengan tanggal 15-Nopember 62. Selanjutnya buku ini menjdi bagian dari perpustakaan pribadi, hal ini ditunjukkan oleh stempel yang tertera di beberapa halaman buku ini. Perpustakaan Pribadi Rosalinda. Jl. Lowokwaru 39 Telpon 2421 Malang.
Asal usul buku ini sempat nongkrong di Blog ini, berasal dari komunitas buku lama Jl. Sriwijaya Malang [Depan Stasion KA Kota Baru Malang]. Ketika buku ini masih Rp. 16.

No comments: