Google

Wednesday, November 26, 2008

DIKTAT PROPAGANDA -- OSA MALIKI



Buku ini digunakan oleh partai sebagai bahan kaderisasi, utamanya terkait dengan ketrampilan propaganda. Fungsi hakikinya adalah membangun mentalitas anggota partai untuk mampu "memasarkan" program-program partai.

Buku ini ditulis oleh Osa Maliki, dan diperbanyak oleh. Dept. Penprop dan Penkad Dewan Daerah PNI Jawa Timur untuk kalangan sendiri. Tahun penerbitan 1958.

Sangat ambisius maksud buku ini, yakni sebuah keinginan terbentuknya departemen propaganda PNI ini, setara dengan USIS [United States Information Service], BIS [British Information Service], Cominform [Communist Information Bureau], VOA [the Voice of America], dan BBC [British Broadcasting Corporation]

EMPAT ELEMEN PROPAGANDA

Menurut buku ini terdapat empat elemen propaganda yakni:

  1. Idee atau cita-cita yang akan ditanamkan [elemen obyektif]
  2. Tenaga pendukung dan penyebar cita-cita tersebut, [elemen subyektif]
  3. Massa, sasaran atau tanah untuk p[enyebaran cita-cita itu, [elemen obyektif]
  4. Media yang menghubungkan [elemen obyektif]

KEWAJIBAN SEORANG PROPAGANDIS

Kewajiban seorang propagandis juga dibentangkan pada buku ini, adapun kewajiban itu adalah:

  • menempatkan kepentingan partai diatas kepentingan diri swendiri
  • merasa dirimya adalah bahagian dari kesatuan Partai, dan dimanapun juga ia berada wajib bekerja untuk kepentingan partai
  • merasa memikul pertanggungan-jawab yang lebih besar terhadap keselamatan dan kejayaan partai
  • jujur dan berterus terang terhadap partai
  • berusaha untuk menjadi contoh dalam pergaulan umum, baik dalam pekerjaan/pembangunan, maupun dalam kehidupan sehari-hari

Buku ini ditemukan di komunitas buku lawas Malang. ---[menurut stempel yang tertera pada buku, pemiliknya adalah PNI Kota Besar Malang. Tahun penerbitan 1958

No comments: