Google

Monday, June 22, 2009

Dikais dari pedagang buku lawas kota Malang, smapul buku dalam keadaan terawat, namun lambang Pancasila rupanya telah dicoret/diberi tinta hitam. Isi buku masih lengkap.
Buku ini membentangkan tenatng Pancasila sebagai Filsafat Negara, oleh karena nya buku ini meneropong penyelenggaran negara. Semua penyelenggaran negara harus bertumpu pada suatu landasan yang kuat yakni Pancasila.
Buku ini merupakan buku kursus, yang membentangkan pokok-pokok pikiran Dasar Filsafat, dan disampaikan oelh Bung Karno. Kursus itu dilaksanakan mulai tanggal 16Mei 1958, di Istana Negara. Di sinilah peserta kursus yang tidak lain adalah para kader bangsa digembleng, dicuci otaknya, dengan harapan agar naluri juangnya terbina. Adapun pelaksanaan kursus sebagai berikut:
Kursus pertama [ 26 Mei 1958] - Pendahuluan- Istana Presiden Jakarta
Kursus kedua [16 Juni 1958] - Ketuhanan - Istana Presiden Jakarta
Kursus ketiga [Juli 1958 ]- Kebangsaan- Istana Presiden Jakarta
Kursus keempat[22 Juli 1958]- Perikemanusiaan- Istana Presiden Jakarta
Kursus kelima [3 September 1958] Kedaulatan Rakyat
Kursus keenam [21 Pebruari 1959] Keadilan Sosial dan Demokrasi Terpimpin--Kuliah Umum di depan para peserta Seminar Pancasila dan Para Mahasiswa di Yogyakarta.
Dari makalah kursus-kursus tersebut dihimpun menjadi buku atas persetujuan Komite pusat Liga Pancasila.
Data buku
JUDUL: Pancasila Dasar Negara
PENERBIT: Yayasan Empu Tantular Jakarta-Percetakan NV Gunung Sahari
TEBAL: 129 halaman
Telusur:
Buku ini terdapat stempel pemiliknya, Wasis Martoatmodjo. Jl. Sarangan 13 Telp 4325 Malang, juga tercata nama Widoyoko Keksanto. Dikais dari Komunitas buku lawas. Veloodrom Sawo Jajar Malang.

No comments: