Google

Thursday, June 11, 2009

PANCASILA - DOKTRIN REVOLUSI NASIONAL KITA

Penerbit buku ini Firma Tekad Jakarta, dicetak oleh percetakan PT. Segara WO. 184/64- SIPK Deppen NO 3985/I/P-578/I Tgl, 1/7-64. Tahun terbit 1964.
Penyusunya. Dr.H.Roeslan Abdulgani, dan di buku ini berlau berkata:
"lahirnya Pancasila merupakan desakan yang terbesar dan terpokok dibidang rohaniah. Tetapi lebih dari itu, Lahirnya Pancasila adalah juga suatu landasan mental dan kerohanian bagi situasi revolusioner yang sedang membara pada waktu ini"
Buku ini diterbitkan dalam rangka memperingati Hari Lahirnya pancasila yang ke 19.
Cuplikan singkat (diambil dari halaman 30-31)
Beberapa arti pokok dari Pancasila kita:
......
  1. Pancasila adalah dasar dan ideologi negara RI
  2. Pancasila adalah doktrin revolusi yang anti-kolonialisme/anti-imperialisme
  3. Pancasila adalah suatu way of life", suatu pedoman-hidup yang bersumber kepada kepribadian Indoensia dan yang berinti sari peradaban beribu-ribu tahun dari rakyat Indoensia.
  4. Pancasila adalah ideologi mempersatu seluruh rakyat Indonesia , baik dibidang ideologi, politik (yaitu aliran Nasionalisme, Religi dan Marxisme) maupun dibidang kesukuan dan kedaerahan dan juga dibidang keagamaan dan keadaan sosial ekonomis
  5. Pancasila adalah sublimasi atau peningkatan dari declaration of independece dari Amerika dan Manifesto Komunis; dan bersifat universil
  6. Pancasila adalah aliran sosialisme yang ilmiah dan religius; jelasnya dalam analisanya dan metodiknya adalah tergolong sosialisme yang ilmiah dan didalam kenyataan geopolitis dan agrarisnya tergolong dalam sosialisme yang religius, dengan pengertian bahwa religius tidak berarti bertentangan dengan ilmiah.
Buku ini dikais dari pedagang buku lawas kota Malang. Kini telah "transmigrasi" ke Veloodrom

No comments: