Google

Monday, June 9, 2008

HIMPUNAN KARANGAN --Dr. KRT. RAJIMAN WEDYADININGRAT


JASMERAH [Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah], itulah pesan Median Presiden Pertama Dr.Ir Soekarno. Jadi pengingat seluruh warga yang sadar akan sejarah. Bahkan secara khusus Bung Karno telah membuat amanat khusus tentang pentingnya sejarah. Amanat itu selengkapnya seperti berikut:


AMANAT UNTUK BANGSA INDONESIA

Hukum dan Moral
Seorang penulis berkata : “mempelajari sejarah adalah omong kosong”, “history is bunk” katanya, penulis ini tidak benar.
Sejarah adalah berguna sekali. Dari sejarah orang bisa menemukan hukum, hukum yang menguasai kehidupan manusia. Salah satu hukum itu ialah : bahwa tidak ada bangsa bisa menjadi besar dan makmur zonder kerja. Terbukti dalam sejarah segala zaman, bahwa kebesaran bangsa, dan kemakmuran tidak pernah jatuh gratis dari langit. Kebesaran bangsa dan kemakmuran selalu “kristalisasi” keringat. Ini, adalah hukum yang kita temukan dari mempelajari sejarah.
Bangsa Indonesia, tariklah moral dari hukum ini !
Ulang tahun proklamasi ke- 6
Soekarno.

Stasiun ingin membuka album lama buku yang ditulis seorang-orang tokoh yang memiliki urunan terbesar dalam mempersiapkan kemerdekaan Republik ini. Dia adalah Dokter KRT Rajiman Wedyadiningrat.
Buku ini dilahirkan untuk menyambut peringatan hari Proklamasi, tepatnya tanggal 17 Agusutus 1952. Kendati jaman itu kata "bilingual" tidak akrab dikuping, namun buku ini telah memulainya. Dwi bahasa itu, adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.
Kandungan karangan Ketua [Kochoo] BPUPKI sangat filosofis, namun arah yang ingin dicapai adalah terbentuknya rasa percaya diri sebagai bangsa yang merdeka.
Fragmen cerita wayang dan berbagai karakteristik watak diurai, agar dijadikan teladan.

No comments: